Website Resmi Pengadilan Agama Makale | Media Informasi dan Transparansi Peradilan

FOKUS PERADILAN

Majalah Peradilan

Edisi_7 Oktober 2015
Edisi_6 Mei 2015 Edisi_10 Des 2016 Edisi_4 Juli 2014

Edisi_2 Sep-Nov 2013 Edisi Perdana Mei 2013 Edisi_Mei 2013 Edisi 14  Nov 2018

Sosialisasi Implementasi SPPT-Ti Pada Pengadilan Percontohan Tahun Anggaran 2019

Monday, 13 July 2020 01:29

Bincang Virtual Badilag: Kritis dalam Menulis

 

‘Orang pandai setinggi langit, selama ia tidak menulis ia akan hilang dalam sejarah’

Jakarta Pusat | Jumat, 10 Juli 2020 / 19 Dzulqa’dah 1441 Hijriyah, bertempat di ruang Command Center Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8) Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58, Bypass Jakarta Pusat, Badan Peradilan Peradilan Agama (Badilag) mengadakan Bincang Virtual (webinar) bertajuk Kritis dalam Menulis. Kegiatan diskusi atau bincang-bincang ini menghadirkan para pemateri secara daring melalui aplikasi zoom meeting dengan 4 (empat) materi utama yakni Teknik meresensi buku, teknik menulis berita, teknik menganotasi putusan, dan teknik menulis buku dan e-book. Diskusi ini juga disiarkan secara live streaming melalui akun Youtube - dokinfo badilag.

 

Hadir membuka diskusi Sekretaris Ditjen Badilag Drs. Arief Hidayat, S.H., M.H. sebagai keynote speaker. Dalam sambutannya sekretaris menyampaikan pesan-pesan Direktur Jenderal Badilag Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. bahwa peradilan agama telah digugat oleh salah seorang mahasiswa, oleh karena itu dibutuhkan penulis-penulis handal dari internal untuk mempertahankan eksistensi peradilan agama karena pada hakikatnya peradilan agama telah ada sebelum Indonesia merdeka sehingga tidak alasan untuk menggugat.

Untuk memberikan motivasi dan membangkitkan semangat kepada peserta diskusi virtual yang merupakan para hakim dan pegawai di Mahkamah Syar’iyah dan Pengadilan Agama dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, dalam sambutannya sekretaris menyampaikan 3 (tiga) quote, di antaranya bahwa, ‘Orang pandai setinggi langit, selama ia tidak menulis ia akan hilang dalam sejarah’ yang ia sebut dikatakan oleh Pramudya.

Quote yang kedua ia katakan dari Ali bin Abi Thalib bahwa, ‘Semua orang akan mati, kecuali karyanya maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat.’ Quote terakhir ia kutip dari Napoleon Bonaparte yang mengatakan bahwa, ‘Aku lebih takut dengan seorang yang memegang pena dari pada prajurit yang bersenjata lengkap.’

Sambutan sekretaris sangat menekankan agar potensi menulis para hakim dan pegawai peradilan agama baik di Mahkamah Syar’iyah maupun Pengadilan Agama benar-benar diasah dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan, khususnya untuk mengisi konten majalah Peradilan Agama.

Acara yang berlangsung selama lebih dari 2 jam tersebut dimoderatori oleh Abdul Halim, S.H.I., M.H. dan Latifah Setiawati, S.H., M.Hum. Materi secara berturut-turut disampaikan oleh H. Edi Hudiata, Lc., M.H. (Teknik meresensi buku), H. Mahrus Abdurrahim, Lc., M.H. (Teknik menulis berita), Dr. Ahmad Zaenal, S.H.I, M.S.I. (Teknik menganotasi putusan), dan M. Isna Wahyudi, S.H.I., M.H.I. (Teknik menulis buku dan e-book), turut hadir di Badilag pula Ahmad Cholil, S.Ag., S.H., LL.M Hakim Yustisial Kamar Agama Mahkamah Agung RI.

Pada akhir sesi paparan materi sebelum tanya jawab berlangsung ada sharing pengalaman dari para hakim berprestari tentang bagaimana mereka berhasil menyelesaikan studi di dalam maupun luar negeri, baik studi formal maupun short course di berbagai negara di kawasan Asia dan Timur Tengah. Dialah Dr. Abu Jahid Darso Atmojo, yang membagikan kiat-kiat agar berhasil menyelesaikan studi S2/S3 baik di dalam maupun luar negeri. Sementara itu  Latifah Setiawati, S.H., M.Hum. juga berbagi pengalamannya ketikan ditugaskan mempejari tentang keberhasilan Mediasi di Jepang (upaya penyelesaian masalah non litigasi).

(Dicatat oleh Muhamad Hafid, S.Sy. Hakim Pengadilan Agama Makale)

 

Add comment

Security code
Refresh

Jadwal Sidang

Direktori Putusan

Validasi Akta Cerai

Pilih Bahasa

Indonesian Arabic English German Italian Portuguese Russian Spanish

Who's Online

We have 30 guests online

Powered by Joomla!. Designed by: joomla 1.5 templates low-cost hosting Valid XHTML and CSS.